Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP/MTS

DEA FADILAH, - (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP/MTS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DEA FADILAH.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dea Fadilah, (2023) : Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Dengan Pendekatan STEAM Untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang bertujuan untuk menghasilkan e-modul matematika berbasis penemuan terbimbing dengan pendekatan STEAM untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa pada materi statistika yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Subjek penelitian ini adalah para ahli materi dan ahli teknologi yang berasal dari dosen, guru mata pelajaran matematika dan siswa kelas VIII. Objek penelitian ini adalah e-modul matematika berbasis penemuan terbimbing dengan pendekatan STEAM untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket angket dan soal posttest. Instrumen penelitian berupa instrumen validitas yang terdiri dari lembar validasi instrumen penelitian, lembar validasi e-modul oleh ahli materi dan teknologi, instrumen kepraktisan yaitu angket respon siswa dan instrumen keefektifan yaitu soal posttest. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data, diperoleh: 1) e-modul matematika berbasis penemuan terbimbing dengan pendekatan STEAM untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa dinyatakan dalam kategori sangat valid dengan rata-rata kevalidan 94,22%. 2) e-modul matematika berbasis penemuan terbimbing dengan pendekatan STEAM untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa dinyatakan dalam kategori sangat praktis dengan ratarata kepraktisan untuk kelompok kecil 80,3% sedangkan untuk kelompok terbatas 81,4%. 3) e-modul matematika berbasis penemuan terbimbing dengan pendekatan STEAM untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa dinyatakan efektif. Hal tersebut menunjukkan e-modul matematika berbasis penemuan terbimbing dengan pendekatan STEAM untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa yang telah dikembangkan ini valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci : E-Modul Matematika, Penemuan Terbimbing, Pendekatan STEAM, Kemampuan Representasi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Dec 2023 08:50
Last Modified: 14 Dec 2023 08:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76074

Actions (login required)

View Item View Item