Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP/MTs

SITI ROSMITA, - (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI ROSMITA.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Siti Rosmita, (2023): Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing dengan Pendekatan STEAM untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP/MTs Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan e-modul matematika berbasis penemuan terbimbing dengan pendekatan STEAM untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Tandun pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tandun. Objek penelitian ini adalah e-modul matematika berbasis penemuan terbimbing dengan pendekatan STEAM untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan tes. Instrumen penelitian berupa instrumen validitas yang terdiri dari lembar validasi instrumen penelitian, lembar validasi emodul oleh ahli materi pembelajaran dan teknologi pendidikan, instrumen kepraktisan yaitu lembar angket respon siswa, dan instrumen keefektifan yaitu soal posttest. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data, diperoleh: (1) e-modul matematika berbasis penemuan terbimbing dengan pendekatan STEAM dinyatakan pada kategori sangat valid dengan rata-rata kevalidan sebesar 95,85%, (2) e-modul matematika berbasis penemuan terbimbing dengan pendekatan STEAM dinyatakan dalam kategori sangat praktis pada kelompok kecil dengan rata-rata kepraktisan sebesar 88,67%, sedangkan untuk kelompok terbatas dengan rata-rata kepraktisan sebesar 89,1%, dan (3) e-modul matematika berbasis penemuan terbimbing dengan pendekatan STEAM dinyatakan dalam kategori efektif. Hal tersebut menunjukkan e-modul matematika berbasis penemuan terbimbing dengan pendekatan STEAM untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP/MTs yang telah dikembangkan ini valid, praktis dan efektif. Kata Kunci: Pengembangan, E-Modul, Penemuan Terbimbing, STEAM, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Dec 2023 07:18
Last Modified: 14 Dec 2023 07:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76073

Actions (login required)

View Item View Item