Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP/MTS

REVIANI, - (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP/MTS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI REVIANI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Reviani, (2023) : Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) yang bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis penemuan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa SMP/MTs yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilakukan di MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Pekanbaru, ahli materi pembelajaran dan ahli teknologi pendidikan yang berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika. Objek penelitian ini adalah e-modul matematika berbasis penemuan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa SMP/MTs. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Instrumen penelitian berupa instrumen validitas yang terdiri dari lembar validasi instrumen penelitian, lembar validasi emodul oleh ahli materi pembelajaran dan ahli materi teknologi pendidikan, instrumen kepraktisan yaitu angket respon siswa dan instrumen keefektifan yaitu soal posttest. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, kualitas e-modul matematika berbasis penemuan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa SMP/MTs yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan kelompok kecil dan kelompok terbatas tergolong dalam kategori sangat praktis. Selanjutnya untuk efektifitas e-modul diperoleh yang artinya terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan rata-rata hasil tes kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata hasil tes kelas kontrol. Hasil uji efektifitas yang diperoleh menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan sudah dikatakan efektif. Dari hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa e-modul matematika berbasis penemuan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa SMP/MTs yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif serta dapat memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa. Kata kunci : Pengembangan, E-Modul, Penemuan Terbimbing, Penalaran Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Dec 2023 07:12
Last Modified: 14 Dec 2023 07:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76072

Actions (login required)

View Item View Item