SYAMSURIJAL, - (2023) KISAH NABI IBRAHIM AS. DALAM AL QUR’AN ANALISIS DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN (Tentang Materi dan Metode Pendidikan). Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
DISERTASI SYAMSURIJAL.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAKS Syamsurijal 2023 : Kisah Nabi Ibrahim AS.Dalam al-Qur’an, Analisis Perspektif Pendidkan ( Tentang Metode dan Materi Pendidikan ) Pendidikan merupakan pemanusiaan kembali manusia (humanisasi) yang berorientasi pada terbentuknya individu yang mampu memahami realitasdirinya dan masyarakat sekitarnya serta bertujuan untuk menciptakan perubahan sosial secara signifikan dalam kehidupan umat manusia. Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan Agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, bertaqwa dan berakhlak mulia.Banyaknya kasus dekadensi moral yang terjadi pada saat ini akan menjadikan penelitian ini sangat penting, karena salah satu kelebihan yang Allah berikan kepada manusia adalah manusia diberi Allah swt. potensi untuk selalu membaca,memelajari, dan menganalisa, baik yang telah terjadi, sedang terjadi,bahkan meprediksi apa yang akan terjadi.Itulah potensi yang Allah beriakn kepada manusia dan tidak diberikan kepada makhlukyang lainnya. Nabi Ibrahim AS, yang diberi gelar KhalilAllah merupakan seorang nabi yang banyak berinovasi dalam mendidik anak dan keluarganya, baik materinya ataupun methodanya dalam mendidik tersebut. Oleh sebab itu, kisah Nabi Ibrahim AS, merupan kisah yang tak pernah habisnya untuk dikaji dan diteliti. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini 1) Apa saja metoda-metoda yang terkandung dalam kisah-kisah nabi Ibrahim dalam al-Qur’an. 2) Apa saja ruang lingkup materi yang terkandung dalam kisah-kisah nabi Ibrahim dalam al-Qur’an dalam perspektif pendidikan agama Islam. Konsep pendidikan dalam Islam mencakup seluruh tujuan pendidikan yang akan menjadikan manusia lebih mulia, mengarahkan manusia kepada visi ideal dan menjauhkan manusia dari ketergelinciran dan penyimpangan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (library research), karena data yang diteliti berupa naskah-naskah, buku-buku atau majalahmajalah yang bersumber dari khazanah kepustakaan, dan sifat dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini pendekatan Ilmu Tafsir yang dipergunakan adalah Tafsir bercorak Adaby wa Ijtimaiy, dan dengan mempergunakan methode Tafsir Tematik (Maudhu’iy), yaitu penafsiran ayat-ayat al-Qur’an berdasarkan tema atau topik tertentu dengan mengumpulkan tema-tema atau topiktopik yang aktual dalam kehidupan masyarakat atau yang bersumber dari al-Qur’an itu sendiri, hadits-hadits Nabi atau dari berbagai pendapat mufassir. Nabi Ibrahim memiliki kepribadian yang hebat dalam kehidupan keluarganya.Sikap dan cara hidupnya merupakan unsur-unsur pendidikan yang langsung di praktekkan, cara yang demikan itu akan lebih mudah masuk ke dalam pribadi anak yang sedang tumbuh dan berkembang. Maka materi dan methoda yang dipergunakan oleh nabi Ibrahim AS. merupakan sebuah konsep pendidikan yang sangat diperlukan, dan menjadi rujukan dalam mendidik serta mengantarkan manusia kepada kesuksesan dunia dan akhirat. Kata Kunci : Nabi Ibrahim, Al-Qur’an, Metode, Materi Pendidikan
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 04:20 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 04:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76066 |
Actions (login required)
View Item |