REMEMBER, - (2023) Pengaruh Mengikuti Ekstrakurikuler Keagamaan Dan Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 17,19, dan 24 Mandau Bengkalis”. Tesis Program Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
REMEMBER-104-136.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (833kB) |
||
|
Text
REMEMBER_removed.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Remember : “Pengaruh Mengikuti Ekstrakurikuler Keagamaan Dan Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 17,19, dan 24 Mandau Bengkalis”. Tesis Program Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Pendidikan Agama Islam sangatlah penting, Pembelajaran PAI di SD dalam kelas hanya tiga jam pelajaran perminggu, maka hal itu sangatlah kurang bagi peserta didik untuk belajar mengenai agama Islam. Kegiatan yang mendukung mata pelajaran PAI tersebut, salah satunya bisa dengan dibentuknya kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Selain kurangnya alokasi waktu pembelajaran kreativitas seorang guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sangat diperlukan, salah satunya dengan cara memberikan reward agar menjadi salah satu pendorong, penyemangat, dan motivasi bagi siswa dalam meningkatkan hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh mengikuti ekstrakurikuler keagamaan (rohis) dan pemberian reward terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Sekecamatan Mandau Bengkalis. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan jenis expost facto, desain penelitian expost facto, dengan menitik beratkan pada penelitian Komparatif. Pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat, dilihat dari perbedaan skor post-test dari kedua kelompok. Analisis data dalam penelitian ini tahap awal meliputi uji normalitas, homogenitas, dan linieritas. Tahap akhir meliputi uji hepotesis dengan analisis uji T ( Uji Parsial ), uji F ( Uji Simultan ), dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh positif dan signifikan kstrakurikuler keagamaan (rohis) dan pemberian reward secara bersama-sama (Simultan) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Sekecamatan Mandau Bengkalis. Hal ini dibuktikan dengan Nilai signifikansi adalah 0,000 < 0,05, dan dengan nilai koefisien deteminasi ( R Square ) adalah 0,633 atau sama dengan 63,3 %. artinya bahwa variabel ekstrakurikuler keagamaan (rohis) (X1) dan pemberian reward (X2) secara simultan (Bersama-sama) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Y) sebesar 63,3 % dengan kategori kuat sesuai tabel interpretasi koefisien determinasi. Sedangkan sisanya (100 % - 63,3% = 36,6 % ) dipengaruhi oleh variabel lain diluar persamaan regresi ini atau variabel yang tidak diteliti seperti strategi belajar, lingkungan belajar. Kata kunci: Ekstrakutikuler Keagamaan, Pemberian Reward, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 01:21 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 01:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76052 |
Actions (login required)
View Item |