Lauri Olsa, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF-CONCEPT. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
Gabungan Kecuali BAB IV.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Lauri Olsa, (2023): Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa ditinjau dari Self-concept Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self-concept. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan factorial experiment design. Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa perempuan kelas VIII di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan cluster random sampling, dan terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis, angket self-concept, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa dengan self-concept tinggi, sedang, dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan self-concept terhadap kemampuan komunikasi matematis. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-concept
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 08:09 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 08:09 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76050 |
Actions (login required)
View Item |