Eva Sariatun, - (2023) Implementasi Model Pembelajaran Partisipatif dan Penggunaan Media Video Interaktif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kampar Kiri Tengah. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (613kB) |
||
|
Text
GABUNGAN FULL TESISI EVA.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untu mengetahui Implementasi Model Pembelajaran Partisipatif dan penggunaan Media Video Interaktif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kampar Kiri Tengah. Penelitian adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara, Observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model miles and huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi model pembelajaran partisipatif pada matapelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Kecamatan Kampar Kiri Tengah yaitu, termasuk dalam bentuk pembelajaran aktif yang melibatkan guru dan siswa dalam kegiatan proses pembelajaran mulai dari awal pembelajaran sampai akhir, 2) Penggunaan media video interaktif pada matapelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Kecamatan Kampar Kiri Tengah adalah : Pembelajaran yang dilakukan guru dengan penggunaan media video interaktif disesuaikan dengan materi yang diajarkan sehingga siswa tertarik dan mudah mengerti apa yang disampaikan, 3) Implementasi model pembelajaran partisipatif dan penggunaan media video interaktif pada matapelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Kecamatan Kampar Kiri Tengah berjalan baik, dan bisa meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran, 4) Kendala implementasi penggunaan model pembelajaran partisipatif pada matapelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Kecamatan Kampar Kiri Tengah yaitu: a) Kemampuan siswa yang berbeda-beda atau terbatas, sehingga penerapan model pembelajaran ini tidak semua siswa dapat terlihat aktif dan yang tidak aktif biasanya menggangu temannya yang lain, sehingga belajar kelompoknya tidak berjalan dengan baik sebagaimana diharapkan. b) Pembagian kelompok yang rumit sehingga menyita waktu misalnya siswa mempunyai kemampuan tidak mau sekelompok dengan teman yang kemampuannnya terbatas, 5) Kendala penggunaan media video interaktif pada matapelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Kecamatan Kampar Kiri Tengah adalah : a) Terbatasnya infokus dan laptop. b) Kurangnya kemampuan guru dalam mengoprasikan media berbasis teknologi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Partisipatif, Media Video Interaktif, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 02:48 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 02:48 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76046 |
Actions (login required)
View Item |