Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PLANNING MONITORING EVALUATING (PME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA SMA

AULIA WULANDARI PUTRI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PLANNING MONITORING EVALUATING (PME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA SMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI FULL KECUALI BAB IV)
SKRISPSI FULL KECUALI BAB IV.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa masih rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model Planning Monitoring Evaluating (PME) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari self efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu design factorial experiment. Adapun populasi pada penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 4 Mandau tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini yaitu kelas X.6 sebagai kelas eksperimen dan X.5 sebagai kelas kontrol, pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan berpikir kritis matematis, angket self efficacy, lembar observasi guru dan Lembar Kendali Keterlaksanaan (LKK) PME. Analisis data yang digunakan yaitu uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran PME dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung, 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang dan rendah, 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Planning Monitoring Evaluating (PME) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari self efficacy siswa di SMA Negeri 4 Mandau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Dec 2023 05:49
Last Modified: 12 Dec 2023 05:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76033

Actions (login required)

View Item View Item