Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS SISWA

ANISA SALSABILA, - (2023) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Anisa Salsabila, (2023): Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari resiliensi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain factorial eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII UPT. SMP Negeri 1 Kampar tahun ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, lembar angket resiliensi matematis, serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran saintifik. 2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki resiliensi matematis tinggi, sedang, dan rendah. 3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Resiliensi Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:20
Last Modified: 12 Dec 2023 02:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76026

Actions (login required)

View Item View Item