Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TERAPI ZIKIR SEBAGAI TERAPI UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS JAMAAH THORIQOT QODARIYAH WA NAQSYABANDIYAH DI DESA LALANG TANJUNG KEPULAUAN MERANTI (Kajian Living Qur’an)

RENDA, - (2023) TERAPI ZIKIR SEBAGAI TERAPI UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS JAMAAH THORIQOT QODARIYAH WA NAQSYABANDIYAH DI DESA LALANG TANJUNG KEPULAUAN MERANTI (Kajian Living Qur’an). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RENDA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas tentang ketenangan, kedamaian dan ketentramanyang didambakan setiap orang. Dalam al-Qur‟an, di antara kata yang paling tepat menggambatkan kebahagiaan adalah aflaha. Salah satu penyakit yang ditimbulkan karena tidak adanya ketenangan, ketentraman dan merenggut kebahagiaan semua orang adalah terinfeksinya seeseorang dengan suatu virus kemudian hal itu juga disebabkan melemahnya imunitas manusia. Oleh karena itu didalam skripsi ini mengkaji bagaimana makna kata zikir didalam al-Qur‟an yang mendatangkan ketenangan kemudian bisa menjadi alternatif untuk melakukan psikoterapi agar meningkatnya imunitas manusia. Penelitian ini bersifat lapangan (fieald research) dan metodologi yang digunakan dalam penelitan ini ialah Living Qur‟an. Data data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui hasil observasi, wawancara, maupun dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisa data dan penyajian dari apa yang telah diteliti oleh penulis. Kata zikir terdapat beberapa surah dalam al-Qur‟an, namun yang menjadi fokus penulis ialah empat ayat al-Qur‟an yaitu QS.Ar-Ra‟du [13]:28, QS.Az-Zumar [39]:23, QS.Taha [20]:14 dan QS:Al-Ahzab[33]:4. Dalam ke empat surah tersebut menggambarkan bahwa hanya dengan mengingat Allah lah hati mendapatkan ketentraman, kebahagiaan dan ketenangan. Dengan melakukan amalan zikir dengan khusyu‟ dan istiqomah maka hal tersebut dapat berpengaruh terhadap kesehatan jiwa sehingga dapat meningkatkan sistem imunitas manusia. Kata Kunci: Imunitas, Tarekat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 11 Dec 2023 06:53
Last Modified: 11 Dec 2023 06:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76016

Actions (login required)

View Item View Item