PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII BIDANG STUDI IPS TERPADU MTs NEGERI RAMBAH ROKAN HULU

Muhammad Taufik, (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII BIDANG STUDI IPS TERPADU MTs NEGERI RAMBAH ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011432.pdf

Download (617kB) | Preview

Abstract

Kemampuan guru dalam menciptakan pembelajaran yang berkualitas sangat menentukan keberhasilan pendidikan secara keseluruhan. Kualitas pembelajaran diantaranya bergantung pada kemampuan guru, terutama dalam memberikan kemudahan belajar kepada peserta didik secara efektif dan efisien. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) atau yang sering disingkat CTL merupakan salah satu strategi belajar yang diharapkan mampu mengefektifkan proses belajar mengajar dimana pembelajaran berlangsung secara alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan hanya transfer pengetahuan dari guru ke siswa. Sehingga pada akhirnya pembelajaran diharapkan dapat lebih bermakna bagi siswa. Untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di sekolah, maka perlu diadakan penelitan terhadap hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran CTL terhadap hasil belajar pada kelas VIII MTs Negeri Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel X (pembelajaran CTL) dan variabel Y (hasil belajar). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII (VIII.1, VIII.2, VIII.3, VIII.4, VIII.5) MTs Negeri Rambah yang berjumlah 156 orang. Penelitian ini menggunakan metode Proposional Ramdom Sampling dalam penarikan sampel. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik angket, dokumentasi dan wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik regresi linier dengan metode kuadrat terkecil dan product moment. Untuk menganalisanya penulis menggunakan bantuan program SPSS versi 16.0. Berdasarkan penyajian dan analisa data, diketahui bahwa tingkat pengaruh antara kedua variabel yaitu 0.689. Koefisien Determinasi (R Square) adalah 0,475. Kontribusi pembelajaran CTL terhadap hasil belajar adalah sebesar 0,475 X 100% = 47,5% selebihnya ditentukan oleh variabel lain. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran CTL terhadap hasil belajar pada kelas VIII MTs Negeri Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Hal ini diketahui dari diterimanya Ha dan ditolaknya Ho.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 12 Jan 2016 08:09
Last Modified: 12 Jan 2016 08:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/760

Actions (login required)

View Item View Item