PENGGUNAAN STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECTY, RECITE, REVIEW (PQ4R) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIDAYAH KECAMATAN PAYUNG SEKAKI KOTA PEKANBARU

Maslina, (2011) PENGGUNAAN STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECTY, RECITE, REVIEW (PQ4R) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIDAYAH KECAMATAN PAYUNG SEKAKI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011133.pdf

Download (793kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Hasil belajar yang diperoleh siswa belum optimal, hal ini terlihat Hasil ulangan siswa pada mata pelajaran Fiqih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan, yaitu 60, dan banyak peserta didik yang harus melakukan remedial untuk mencapai ketuntasan belajar. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan Strategi Preview, Question, Read, Reflecty, Recite, Review (PQ4R) dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran fiqih pada pokok bahasan makanan dan minuman yang haram di kelas V MI Al-Hidayah Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran Fiqih di kelas V dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Pada sebelum tindakan siswa yang tuntas sebanyak 7 (53,85%), sedangkan pada siklus pertama meningkat menjadi 9 orang siswa atau ketuntasan telah mencapai 69,23%. Walaupun ketuntasan siswa meningkat dari sebelum tindakan ke siklus I, namun secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar siswa belum 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 60, secara individu sebagian masih ada siswa yang tidak tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata ketuntasan siwa mencapai 12 orang siswa atau dengan persentase 96,31%. Artinya hasil belajar siswa telah 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 60. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penggunaan strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran Fiqih di kelas V di MI Al-Hidayah kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 06:49
Last Modified: 21 Dec 2015 06:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76

Actions (login required)

View Item View Item