NUR AZHMI SA’BAN AS, - (2023) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN BANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (627kB) |
||
|
Text
SKRIPSI NUR AZHMI SA'BAN AS.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nur Azhmi Sa’Ban AS, (2023): Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Dengan Bantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa masih rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan bantuan video animasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari motivasi belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 23 Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu design factorial experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Pekanbaru tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan bantuan video animasi dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan bantuan video animasi dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan bantuan video animasi berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Dengan Bantuan Video Animasi, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 08 Dec 2023 08:58 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 08:58 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75997 |
Actions (login required)
View Item |