Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN POLA ASUH IBU DAN KERAGAMAN KONSUMSI PANGAN DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BALITA DI WILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS SUNGAI GUNTUNG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

SINTIA DANIATI PUSPITA, - (2023) HUBUNGAN POLA ASUH IBU DAN KERAGAMAN KONSUMSI PANGAN DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BALITA DI WILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS SUNGAI GUNTUNG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN POLA ASUH IBU DAN KERAGAMAN KONSUMSI PANGAN DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BALITA DI WILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS SUNGAI GUNTUNG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR Sintia Daniati Puspita (11980324507) Di bawah bimbingan Novfitri Syuryadi dan Sofya Maya INTISARI Stunting merupakan gangguan pertumbuhan yang disebabkan oleh malnutrisi kronis atau penyakit infeksi yang ditunjukkan dengan nilai z-score tinggi badan menurut umur kurang dari -2 standar deviasi (SD) berdasarkan standar pertumbuhan menurut WHO. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa hubungan pola asuh ibu dan keragaman konsumsi pangan dengan kejadian stunting pada balita di wilayah kerja UPT Puskesmas Sungai Guntung Kabupaten Indragiri Hilir. Rancangan penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 131 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner mengenai pola asuh ibu, kuesioner Individu Dietary Diversity Score (IDDS), dan pengukuran antropometri menggunakan microtoise. Analisis data menggunakan uji Chi-square. Hasil analisis univariat dari 131 ibu yang menjadi responden terdapat 73 ibu (55,8%) dengan pola asuh yang baik, 56 balita (42,7 %) dengan konsumsi pangan yang cukup beragam, dan terdapat 45 responden (34,4%) dengan balita yang mengalami stunting. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh ibu dengan kejadian stunting pada balita (p-value = 0,000). Pola asuh ibu merupakan faktor penyebab terjadinya stunting pada balita di wilayah kerja UPT Puskesmas Sungai Guntung Kabupaten Indragiri Hilir. Terdapat hubungan antara keragaman konsumsi pangan dengan kejadian stunting pada balita (p-value = 0,000). Konsumsi makanan yang beragam merupakan upaya untuk memenuhi asupan zat gizi harian yang diperlukan anak dalam masa pertumbuhan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh ibu dan keragaman konsumsi pangan dengan kejadian stunting pada balita di wilayah kerja UPT Puskesmas Sungai Guntung Kabupaten Indragiri Hilir. Kata kunci: balita, keragaman pangan, pola asuh, stunting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Gizi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:49
Last Modified: 08 Dec 2023 07:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75994

Actions (login required)

View Item View Item