Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGAWASAN MUATAN LEBIH DAN UKURAN LEBIH OLEH DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN BENGKALIS BERDASARKAN SURAT EDARAN MENTERI PERHUBUNGAN NOMOR 21 TAHUN 2019 TENTANG PENGAWASAN TERHADAP MOBIL BARANG ATAS PELANGGARAN MUATAN LEBIH (OVER LOADING) DAN PELANGGARAN UKURAN LEBIH (OVER DIMENSION)

ADDRIANSYAH, - (2023) PENGAWASAN MUATAN LEBIH DAN UKURAN LEBIH OLEH DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN BENGKALIS BERDASARKAN SURAT EDARAN MENTERI PERHUBUNGAN NOMOR 21 TAHUN 2019 TENTANG PENGAWASAN TERHADAP MOBIL BARANG ATAS PELANGGARAN MUATAN LEBIH (OVER LOADING) DAN PELANGGARAN UKURAN LEBIH (OVER DIMENSION). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Addriansyah (2023): Pengawasan Over Loading dan Over Dimension Oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis Berdasarkan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 21 Tahun 2019 Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 21 Tahun 2019 merupakan sebuah kebijakan yang memberikan arahan dan petunjuk kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis terkait pengawasan terhadap mobil barang yang melakukan pelanggaran muatan lebih (overloading) dan pelanggaran ukuran lebih (over dimension). Masih banyaknya ditemukan truk melebihi muatan yang melintas di sepanjang Jalan Desa Petani yang membuat peniliti tertarik untuk melakukan penelitian pengawasan over loading dan over dimension oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis Berdasarkan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 21 Tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengawasan oleh Dinas Perhubungan dan faktor penghambat yang dihadapi oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis dalam mengawasi mobil barang yang melakukan pelanggaran ukuran lebih dan muatan lebih. Metode penelitian yang digunakan adalah hukum sosiologis, yaitu Penelitian yang menganalisis dan mempelajari fungsi hukum di masyarakat. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan analisis data kualitatif kemudian penarikan kesimpulan secara induktif. data yang diperoleh melalui wawancara dengan pihak terkait, observasi lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengawasan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis belum maksimal, karena kurangnya pengawasan langsung seperti mengadakan Operasi Razia yang melibatkan pihak Kepolisian dan Instansi terkait lainnya yang dilakukan di seluruh wilayah Kabupaten Bengkalis. Operasi Razia ini tentunya bertujuan untuk melakukan pengawasan dan penertiban terhadap angkutan barang yang melakukan pelanggaran ukuran lebih dan muatan lebih, agar mengurangi tingkat kerusakan pada jalan, meningkatkan keselamatan pengendara dan mengurangi tingkat kecelakaan. Adapun faktor penghambat yang dihadapi oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis dalam hal pengawasan dan penertiban truk yang bermuatan lebih dan ukuran lebih diantaranya : kurangya sumber daya manusia dalam hal ini personel atau pegawai Dinas Perhubungan yang belum sebanding dengan luasnya wilayah Kabupaten Bengkalis, minimnya anggaran serta teknologi yang memadai untuk mendeteksi pelanggaran. Hal ini di buktikan berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis. Kata Kunci : Pengawasan, Over Dimension, Over Loading.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:41
Last Modified: 08 Dec 2023 07:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75990

Actions (login required)

View Item View Item