Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

APLIKASI PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH CANGKANG TELUR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN TERUNG UNGU (Solanum melongena L.)

AYU SINTIA PUTRI, - (2023) APLIKASI PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH CANGKANG TELUR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN TERUNG UNGU (Solanum melongena L.). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (38MB) | Preview

Abstract

Terung merupakan salah satu tanaman hortikultura yang populer dan disukai oleh banyak orang karena rasanya enak. Cangkang telur adalah limbah rumah tangga yang sangat mudah didapat, namun masih kurangnya pengetahuan dan wawasan masyarakat mengenai pemanfaatan limbah cangkang telur. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi pupuk organik cair limbah cangkang telur yang tepat dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman terung. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan perlakuan limbah cangkang telur yang terdiri dari 6 taraf yaitu P0= 5 g NPK (Kontrol), P1= 12,5% , P2= 25%, P3= 37,5%, P4= 50% dan P5= 62,5% masing-masing perlakuan 10 kali. Parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, panjang daun, lebar daun, diameter batang, umur berbunga, jumlah buah pertanaman, bobot buah perbuah, bobot buah pertanaman, panjang buah, diameter buah, bobot segar tanaman dan bobot kering tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk organik cair limbah cangkang telur konsentrasi 25%-37,5% mampu meningkatkan tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, lembar daun, panjang daun, umur berbunga, jumlah buah pertanaman, bobot buah pertanaman, panjang buah, diameter buah, bobot segar tanaman dan bobot kering tanaman. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan konsentrasi 37,5% merupakan konsentrasi yang dianjurkan dalam pengaplikasian pupuk organik cair limbah cangkang telur. Kata Kunci: Limbah Cangkang Telur, Terung Ungu, NPK

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:40
Last Modified: 08 Dec 2023 07:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75988

Actions (login required)

View Item View Item