Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SANKSI KHALWAT KEPADA PASANGAN YANG BELUM MENIKAH (STUDI PERBANDINGAN TERHADAP PUTUSAN HAKIM MAHKAMAH RENDAH SYARIAH YAN KEDAH DAN MAHKAMAH RENDAH SYARIAH SERI ISKANDAR PERAK)

NUR FATIN ZAKIRAH BINTI JOHA MASRI, - (2023) SANKSI KHALWAT KEPADA PASANGAN YANG BELUM MENIKAH (STUDI PERBANDINGAN TERHADAP PUTUSAN HAKIM MAHKAMAH RENDAH SYARIAH YAN KEDAH DAN MAHKAMAH RENDAH SYARIAH SERI ISKANDAR PERAK). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR FATIN ZAKIRAH BINTI JOHA MASRI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Fatin Zakirah Binti Joha Masri : Sanksi Khalwat Kepada Pasangan Yang Belum Menikah (Studi Perbandingan Terhadap Putusan Hakim Mahkamah Rendah Syariah Yan Kedah Dan Mahkamah Rendah Syariah Seri Iskandar Perak). Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan antara Mahkamah Rendah Syariah Yan Kedah dan Mahkamah Rendah Syariah Seri Iskandar Perak tentang putusan hakim dalam kasus khalwat. Untuk setiap putusan mahkamah yaitu Mahkamah Rendah Syariah Yan Kedah dan Mahkamah Remndah Syariah Seri Iskandar Perak menerapkan ketetapan berdasarkan enakmen negeri bahwa bagi pelaku khalwat yang disabitkan dengan kesalahan khalwat akan didenda tidak melebihi tiga ribu ringgit atau penjara selama tempoh tidak melebihi dua tahun atau kedua-duanya. Adapun yang menjadi rumusan masalah penelitian yakni bagaimana sanksi dari putusan hakim Mahkamah Rendah Syariah Yan Kedah dan Mahkamah Rendah Syariah Seri Iskandar Perak dalam menetapkan hukuman khalwat , bagaimana pertimbangan Hakim Mahkamah Rendah Syariah Yan Kedah dan Mahkamah Rendah Seri Iskandar Perak dalam menetapkan hukuman khalwat dan analisis perbedaan putusan hakim dari sanksi khalwat. Penelitian ini adalah penelitian perpustakaan (library Research). Penelitian ini menggunakan pendekatan perbandingan dengan membuat perbedaan putusan hakim antara Mahkamah Syariah Yan Kedah dengan Mahkamah Rendah Syariah Seri Iskandar Perak. Populasi adalah kasus khalwat mengikut data kasus yang terjadi setiap tahun, sedangkan sampel diambil sebanyak 3 kasus di Negeri Kedah dan 3 kasus di Negeri Perak. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Analisis data yang diperoleh dilakukan dengan cara analisis kualitatif sedangkan metode penulisan adalah metode deskriptif analisis, deduktif dan induktif Hasil analisis menunjukkan putusan dari pertimbangan Mahkamah Rendah Syariah Yan Kedah menjadikan watak perlakuan pelaku dan masa membuat rayuan mayoritasnya sebagai bahan pertimbangan sebelum putusan dikeluarkan bagi pelaku khalwat manakala bagi Mahkamah Rendah Syariah Seri Iskandar Perak pula menjadikan waktu tangkapan, situasi tangkapan dan status tersangka mayoritas sebagai pertimbangan sebelum putusan dikeluarkan. Berdasarkan statistik kasus khalwat yang diberitahu kepada penulis, dapat penulis melihat tingkat menurun serta menaik jumlah kasus khalwat ini. Untuk Yan, Negeri Kedah, kasus khalwat agak rendah disebabkan ia adalah kawasan luar bandar jadi mayoritas masyarakatnya berpendapatan rendah manakala untuk Seri Iskandar, Negeri Perak mayoritas masyarakatnya berpendapatan tinggi karena kawasannya di bandar. Kata kunci : Sanksi khalwat, Pasangan yang belum menikah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Mazhab dan Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:31
Last Modified: 07 Dec 2023 08:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75978

Actions (login required)

View Item View Item