ULFIAH AZKI. O, UA (2023) KONSEP JIHAD PERSPEKTIF IMAM IBN AJIBAH DALAM TAFSIR AL-BAḪR AL-MADÎD FÎ TAFSÎR AL-QUR`ÂN AL-MAJÎD. Thesis thesis, UIN Suska Riau.
|
Text
TESIS-ULFIAH_AZKI OK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
TESIS-ULFIAH_AZKI_REVISI BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang konsep jihad perspektif Imam Ibn Ajibah dalam Tafsir Al-Baḫr Al-Madîd Fî Tafsîr Al-Qur`an Al-Majîd. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui epistomologi pemikiran Ibn Ajibah tentang konsep jihad, analisa makna jihad yang disampaikan Ibn Ajibah dalam tafsir Al-Baḫr Al-Madîd fi Tafsîr Al-Qur`ân Al-Majîd dan konsep umum jihad menurut ahli tafsir. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan tafsir tematik dan memuat sumber data primer dari berbagai tafsir dan data sekunder dalam referensi sejarah, serta data tersier sebagai pendukung kedua data tersebut. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) epistomologi pemikiran Ibn Ajibah tentang konsep jihad dapat disimpulkan ke dalam dua poin penting, yakni: jihad memiliki makna damai dan Jihad sebagai makna menggunakan senjata. 2) Analisa makna jihad yang disampaikan Ibn Ajibah dalam tafsir Al-Baḫr Al-Madîd fi Tafsîr Al-Qur`ân Al-Majîd menunjukkan konsistensinya di dalam menjunjung tinggi nilai-nilai dan norma yang menjadi ajaran inti di dalam Islam dan tidak bersifat formalitas saja. 3) Konsep umum jihad menurut ahli tafsir bahwa jihad adalah perang yaitu salah satu diantaranya, kesungguhan dan kegiatan yang didorong oleh hati tulus ikhlas melakukan amar ma’ruf nahi munkar, berdakwah, mendidik, dan mengasuh umat kepada kesadaran beragama.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Tafsir Hadist |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 04:38 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 04:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75966 |
Actions (login required)
View Item |