Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

APLIKASI PUPUK ORGANIK CAIR (POC) LIMBAH BUDIDAYA AIR IKAN LELE DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.)

Mifta Qurroifah, - (2023) APLIKASI PUPUK ORGANIK CAIR (POC) LIMBAH BUDIDAYA AIR IKAN LELE DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Selada ( Lactuca sativa L.) adalah jenis tanaman hortikultura yang sangat populer. Salah satu cara untuk meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman selada yaitu dengan penggunaan POC limbah budidaya air ikan lele. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatlkan konsentrasi pupuk organik cair limbah budidaya air ikan lele yang terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil produksi tanaman selada (Lactuca sativa L.) secara optimal. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2023 dilahan percobaan UARSD Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 kali perlakuan, yang diulang sebanyak 10 kali. Faktor perlakuan terdiri dari kontrol (NPK), limbah budidaya air ikan lele konsentrasi 100 ml, 150 ml, 200 ml, dan 250 ml. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, lebar daun, jumlah helai daun, berat basah tanaman dan diameter batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk organik cair limbah budidaya air ikan lele dengan konsentrasi 150 ml/l adalah konsentrasi terbaik dan sangat berpengaruh terhadap semua parameter pengamatan. Kata Kunci : Limbah air ikan lele, budidaya, konsentrasi, populer, organik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 06 Dec 2023 08:58
Last Modified: 06 Dec 2023 08:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75952

Actions (login required)

View Item View Item