Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIKIH MUAMALAH TERHADAP AKURASI PENGGUNAAN LITER DALAM JUAL BELI PENSI DI DUSUN KANANG NAGARI GUGUAK MALALO PROVINSI SUMATERA BARAT

Andra Lukmana, Andra (2023) TINJAUAN FIKIH MUAMALAH TERHADAP AKURASI PENGGUNAAN LITER DALAM JUAL BELI PENSI DI DUSUN KANANG NAGARI GUGUAK MALALO PROVINSI SUMATERA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh tidak jelasnya ukuran takaran liter dalam jual beli Pensi di Dusun Kanang Nagari Guguak Malalo Kecamatan Batipuah Selatan Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumtera Barat. Permasalahan dalam skipri ini yaitu pada proses menakari atau meliteri pensi, dimana pensi diliteri dengan cara memasukkan pensi kedalam liter hingga penuh sampai membentuk bukit atau lonjongan. Lonjongannya tersebut hanya berdasarkan pada perasaan orang yang meliteri pensi. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana praktik jual beli pensi menggunakan liter di Dusun Kanang Nagari Guguak Malalo Kecamatan Batipuah Selatan Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumtera Barat, bagaimana pandangan fiqh muamalah terhadap praktik jual beli pensi menggunakan liter. Tujuan pnelitian ini adalah untuk mengetahui praktik jual beli pensi menggunakan liter dan untuk mengetahui pandangan fiqh muamalah terhadap praktik jual beli pensi menggunakan liter di Dusun Kanang. Penelitian ini berbentuk lapangan (Field Research) yang berlokasi di Dusun Kanang Nagari Guguak Malalo Kecamatan Batipuah Selatan Kabupaten Tananh Datar Provinsi Sumtera Barat. Sumber data yang dipakai yaitu primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 7 orang dan dikarenakan populasi kurang dari 100 maka peneliti mengambil seluruh populasi yang ada yaitu 7 orang untuk dijadikan sampel. Metode pengumpulan data penulis menggunakan metode logis interaksionisme simbolik yaitu mengkombinasikan antara pengamatan dengan wawancara yang dilakukan. Metode analisa datanya yaitu deskriptif kualitatif, metode penulisan menggunakan metode deduktif. Berdasarkan hasil penelitian, praktik jual beli pensi menggunakan liter di Dusun Kanang Nagari Guguak Malalo Kecamatan Batipuah Selatan Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumtera Barat, tidak ada kepastian ketepatan takaran liter, karena penjual pensi tidak meliteri pensi pada saat melakukan transaksi dengan toke akan tetapi para pencari pensi meliteri pensinya di tepi danau singkarak dan juga dirumahnya langsung tanpa disaksikan dan diliteri ulang oleh si toke. Pada saat transaksi si toke hanya bertanya berapa banyak pensi kepada penjual dan melihat karung yang terisi dengan pensi yang disebutkan oleh si penjual pensi tadi, akan tetapi hal itu tidaklah bisa dijadikan dasar ketepatan takaran liter pensi mengingat cara meliteri pensi yang lonjongannya hanya berdasarkan pada perasaan orang yang meliterinya dan mengundang perbuatan curang. Jadi praktik jual beli pensi menggunakan liter di Dusun Kanang Nagari Guguak Malalo Kecamatan Batipuah Selatan Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumtera Barat belum memenuhi syarat ma’qud alaih yaitu belum ada kejelasan ketepatan takarannya. Seharusnya para penjual pensi menyempurnakan takaran liter dan transaparan dalam melakukan transaksi jual beli sehingga menghindarkan diri dari perbuatan memakan harta orang lain secara batil dan juga terhindar dari permusuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Dec 2023 04:34
Last Modified: 07 Dec 2023 04:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75950

Actions (login required)

View Item View Item