Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

FANATIK MAZHAB DALAM PENAFSIRAN AL QUR’AN (Studi Tafsir Atas Ayat-Ayat Ahkam Dalam Tafsir Ahkam Al-Qur’an Karya Al-Kiya Al-Harrasi Dan Karya Al-Jashash)

M. RIDHO RAMADHANI, - (2023) FANATIK MAZHAB DALAM PENAFSIRAN AL QUR’AN (Studi Tafsir Atas Ayat-Ayat Ahkam Dalam Tafsir Ahkam Al-Qur’an Karya Al-Kiya Al-Harrasi Dan Karya Al-Jashash). Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Thesis Lengkap kecuali bab IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang. Fanatik Mazhab Dalam Penafsiran Al Qur’an (Studi Tafsir Atas Ayat-Ayat Ahkam Dalam Tafsir Ahkam Al-Qur’an Karya Al-Kiya Al-Harrasi Dan Karya Al-Jashash) . Kedua tafsir tersebut sama merupakan kitab rujukan tafsir utama dalam mazhab masing-masing. Al-kiya al-Harrasi adalah salah satu ulama Fikih Mazhab shafi’i yang sangat fanatik. Al-Jashash merupakan salah satu ulama yang juga berpengaruh dalam Mazhab Hanafi. Hal ini menjadi sesuatu yang menarik untuk dikaji secara teliti dan mendalam, terutama dalam aspek penafsiran terhadap ayat-ayat al-Qur’an yang mengandung hukum. Yang mana dalam penafsirannya terindikasi adanya signal yang kuat akan fanatisme sehingga rentan kualitas objektifitasnya. Penelitian ini bersifat penelitian kepustakaan (library research) dan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi tematik. Data-data yang terkait dengan studi ini dikumpulkan melalui studi pustaka dan disajikan dengan teknis analisis deskriptif , yaitu dengan menjelaskan ayat perayat yang berhubungan, dengan merujuk pada al-Qur’an dan tafsir sebagai data primer dan buku-buku literatur yang berkaitan sebagai data sekunder. Adapun hasil penelitian ini ,Pertama Corak dan metode dari kedua tafsir karya Al-Harrasi dan Al-Jashash adalah sama-sama tafsir ahkam, yaitu tafsir yang membahas sebagian ayat-ayat saja yang mengandung aturan hukum bukan seluruh ayat Al-Qur’an. Pengaruh kefanatikan mazhab dalam Ahkam al-Qur’an karya Al-Kiya Al-Harrasi dan Al-Jashash terbukti dalam beberapa contoh . Pertama, penulis mencontohkan pada perbedaan keduanya tentang makna lafadz قرء. Kedua, pembahasan tentang adanya kemungkinan terhadap melegitimasikan pernikahan tanpa wali. Ketiga, tentang pembahasan makna mulamasah dalam Al-Qur’an Kata Kunci: Fanatik , Al-Kiya Al-Harrasi- Al-Jashash

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga
Depositing User: pps -
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:19
Last Modified: 06 Dec 2023 03:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75944

Actions (login required)

View Item View Item