Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMBERDAYAAN KESEHATAN IBU DAN ANAK OLEH POSYANDU DESA HUTANAMALE KECAMATAN PUNCAK SORIK MARAPI KABUPATEN MANDAILING NATAL

RICKY ADITYA, - (2023) PEMBERDAYAAN KESEHATAN IBU DAN ANAK OLEH POSYANDU DESA HUTANAMALE KECAMATAN PUNCAK SORIK MARAPI KABUPATEN MANDAILING NATAL. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Ricky Aditya NIM : 11940110255 Judul : Pemberdayaan Kesehatan Ibu Dan Anak Oleh Posyandu Desa Hutanamale Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal Penelitian ini dilatar belakangi karena Kurangnya perhatian masyarakat terhadap penerapan hidup sehat khususnya Ibu dan Anak. Hal tersebut dikarenakan rendahnya pendidikan dan kesadaran masyarakat terhadap penerapan hidup sehat sehingga tidak dapat mencegah permasalahan kesehatan yang timbul seperti banyak orang membuang sampah sembarangan, perilaku hidup cenderung tidak sehat, banyak anak mengalami kurang gizi, pertumbuhan kurang maksimal (dilihat dari berat badan, tinggi badan atau keduanya tidak sesuai dengan umurnya) baik itu untuk dirinya sendiri, keluarga dan lingkungan sekitarnnya. Posyandu berperan dengan upaya memberikan penyadaran, pengakapasitasan, dan pendayaan guna penerapan hidup sehat yang baik dan terarah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitataif deskriptif dan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan menggunakan teknik deskriptif kualitatif, dengan tahapan, pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang dengan 1 informan kunci dan 4 informan pendukung, hasil dari penelitian ini menunjukkan teori pemberdayaan yakni tahap penyadaran (Pencerahan, pengetian dan pengenalan), tahap pengkapasitasan (pelatihan/ training, pendampingan), tahap pendayaan (pemberian peluang dan kuasa). Dengan adanya pemberdayaan oleh posyandu ini dapat menggerakkan, memandirikan, mengelola dan meningkatkan kualitas hidup sehat. Kata Kunci: Pemberdayan, Kesehatanm Ibu dan Anak, Posyandu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:08
Last Modified: 06 Dec 2023 03:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75943

Actions (login required)

View Item View Item