Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS DAMPAK PENGEMBANGAN PARIWISATA HALAL TERHADAP KENYAMANAN PEDAGANG SEKITAR OBJEK WISATA AEK MILAS HUTA RAJA KABUPATEN MANDAILING NATAL DALAM PRSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

WARDIATUN NAIMAH, - (2023) ANALISIS DAMPAK PENGEMBANGAN PARIWISATA HALAL TERHADAP KENYAMANAN PEDAGANG SEKITAR OBJEK WISATA AEK MILAS HUTA RAJA KABUPATEN MANDAILING NATAL DALAM PRSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh dampak pengembangan pariwisata halal terhadap kenyamanan pedagang sekitar objek wisata Aek Milas Huta Raja, banyaknya pengunjung yang datang untuk berkunjung ke lokasi pemandian Aek Milas Huta Raja apakah berdampak pada kenyamanan Masyarakat di sekitar objek wisata tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pengembangan pariwisata halal terhadap kenyamanan pedagang sekitar objek wisata Aek Milas Huta Raja dan dampak pengembangan pariwisata halal terhadap kenyamanan masyarakat sekitar objek wisata Aek Milas Huta Raja dalam perspektif ekonomi syariah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang berlokasi di Desa Huta Raja kabupaten Mandailing Natal. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 38 pedagang, dari populasi yang ada maka penulis menjadikan seluruh populasi sebagai sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode deskriptif kuantitatif pengolahan data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pengembangan pariwisata halal memberikan pengaruh sebesar 44.9% terhadap kenyamanan pedagang sekitar objek wisata Aek Milas Huta Raja, sedangkan sisanya sebesar 55.1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil regresi linier sederhana menyatakan setiap terjadinya penambahan 1% pada pengembangan pariwisata halal maka akan meningkatkan kenyamanan sebesar 0,591%. Pengembangan wisata halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kenyamanan pedagang sekitar. Terbukti nilai thitung sebesar 5.418 lebih besar dari nilai ttabel 1,688 yang berarti bahwa pengembangan pariwisata halal berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan pedagang sekitar objek wisata Aek Milas Huta Raja. Kata kunci: Pengembangan Pariwisata Halal, kenyamanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:07
Last Modified: 06 Dec 2023 03:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75942

Actions (login required)

View Item View Item