PENERAPAN STRATEGI BELAJAR JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI BENGKALIS

Siti Nurwahidayanti, (2011) PENERAPAN STRATEGI BELAJAR JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011573.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian experiment, dengan tujuan untuk mengetahui apakah Strategi Belajar Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Bengkalis dalam berbicara Bahasa Arab ketika pembelajaran Bahasa Arab berlangsung. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI, yaitu XI A dan XI B di Madrasah Aliyah Negeri Bengkalis, dan objeknya adalah penerapan Strategi Belajar Jigsaw dalam proses belajar Bahasa Arab. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penellitian ini adalah angket dan observasi. Angket tersebut dilaksanakan sebelum dan sesudah menerapkan Strategi Belajar Jigsaw, sedangkan untuk menganalisa data dengan menggunakan rumus: P = x 100% T o = √ √ Analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan, antara kelas yang diterapkan Strategi Belajar Jigsaw dengan yang tidak diterapkan Strategi Belajar Jigsaw dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam berbicara Bahasa Arab dalam proses belajar. Perbedaan mean menunjukkan kelas yang diterapkan Strategi Belajar Jigsaw lebih aktif dari pada yang tidak. Karena nilai T o=3,19 yang berarti lebih besar dari Tt baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% (2,02 < 3,19> 2,71). Dengan demikian Strategi Belajar Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam berbicara bahasa arab. Dan dari hasil observasi didapatkan hasil 80,7 %, dikatakan aktif karena terletak pada tingkat 86-100%. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara variable X dan Y. maka Strategi Belajar Jigsaw bisa meningkatkan keaktifan siswa dalam berbicara Bahasa Arab dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 12 Jan 2016 09:02
Last Modified: 12 Jan 2016 09:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/759

Actions (login required)

View Item View Item