MELIZA KURNIA, - (2023) PROBLEMATIKA TATA KELOLA BANK SAMPAH MUTIARA UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KELURAHAN TUAH KARYA KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.
Text (BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (980kB) |
||
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nama : Meliza Kurnia NIM : 11840123693 Judul : Problematika Tata Kelola Bank Sampah Mutiara Untuk Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Tuah Karya Kota Pekanbaru Masalah sampah sangat menjadi perhatian, meningkatnya volume sampah akan berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat, oleh karena kehadiran bank sampah sebagai salah satu solusi mengurangi sampah. Bank sampah merupakan salah satu implementasi dari proses pemberdayaan masyarakat, masalah sampah sering terjadi apalagi di daerah perkotaan dengan adanya bank sampah diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengolah sampah agar bernilai ekonomis, lokasi penelitian ini adalah di Bank Sampah Mutiara Kelurahan Tuah Karya Kota Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Problematika Tata Kelola Bank Sampah Mutiara untuk pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Tuah Karya Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, adapun informan penelitian terdiri dari empat orang, satu orang informan kunci yaitu Direktur Bank Sampah Mutiara dan tiga lainnya sebagai informan pendukung dari nasabah dan pengurus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan teknik analisa data reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika sendiri terlihat dari banyaknya nasabah bank sampah yang terdaftar sekitar 404 orang, namun yang aktif hanya sekitar 150 orang, dan tidak hanya itu dalam penyetoran sampah masih banyak sampah yang tidak dipilah sebelum disetor ke petugas, sehingga hal ini dapat menghambat proses penyetoran sampah sampai tahap pengangkutan sampah, hasil dari bank sampah mutiara belum memiliki produk pemanfaatan sampah, evaluasi kegiatan yang dilakukan hanya sekali dalam enam bulan atau sekali setahun, hal ini terjadi karena petugas Bank Sampah Mutiara yang sangat terbatas. Dengan hadirnya Bank Sampah ini bisa membantu masyarakat dalam perekonimian dan kebersihan di lingkungan sekitar. Kata Kunci : Tata Kelola, Bank Sampah, Pemberdayaan Masyarakat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 23:49 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 23:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75899 |
Actions (login required)
View Item |