Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Peranan Ibu dalam Mengenalkan Literasi Digital Pada Anak Usia 4-6 Tahun PAUD Ihsan Fikri Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Kota

Ria Nurlianti, - (2023) Peranan Ibu dalam Mengenalkan Literasi Digital Pada Anak Usia 4-6 Tahun PAUD Ihsan Fikri Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Kota. Skripsi thesis, UNIVERSITA ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ria Nurlianti, (2023): Peranan Ibu dalam Mengenalkan Literasi Digital Pada Anak Usia 4-6 Tahun PAUD Ihsan Fikri Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Kota Ibu merupakan madrasah yang sangat paling utama pembentukan kepribadian anak. Selain itu ibu juga berperan sebagai figur central yang dicontoh dan diteladani dengan perilaku dalam berbagai akhlak - akhlak terpuji bagi anak anaknya, maka para ibu harus lebih memperhatikan anaknya sejak dini agar tidak mudah terpengaruh pada era digitalisasi di zaman sekarang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peranan ibu dalam mengenalakan literasi digital pada anak usia 4-6 Tahun PAUD Ihsan Fikri Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu kualitatif deskriftif. Subyek yang digunakan dalam penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu diperoleh melalui wawancara ke pada para ibu yang menggunakan media digital seperti smartphone, laptop untuk mengakses youtube, facebook digunakan untuk mengenalkan literasi digital kepada anak dan perlu pengawasan orang tua yang sangat penting untuk anak agar memberikan gadget harus terlebih dahulu cara penggunaannya dan batasan waktu yang diberikan. secara umum pengenalan literasi digital pada anak sangat penting dibandingkan di sekolah yang belum mengenalkan literasi digital pada anak, dari hasil wawancara ; 1. terdapat ibu yang mengenalkan literasi digital pada anak agar anak mengetahui literasi sejak dini seperti handphone; 2. terdapat ibu yang membimbing anak dalam pengenalan literasi digital perkembangan anak melalui bimbingan, arahan, yang tepat dari lingkungan sekitar anak; 3. terdapat ibu yang memberi pengawasan dalam mengakses konten-konten yang dilihat oleh anak serta mendampingi anak pada saat anak memegang gadget; 4. terdapat ibu yang memfasilitasi anak dengan mengenalkan literasi digital sepeti handphone, laptop, tablet; 5. terdapat ibu yang mengkontrol anak dalam penggunan media digital agar tidak berdampak negatif pada anak. Kata Kunci: Peranan Ibu, Mengenalkan Literasi Digital

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:46
Last Modified: 30 Nov 2023 02:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75877

Actions (login required)

View Item View Item