Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STUDI EKSPLORASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PADA SEKOLAH PENGGERAK DI SEKOLAH DASAR NEGERI O4 MINAS

MORINA SEMBIRING, - (2023) STUDI EKSPLORASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PADA SEKOLAH PENGGERAK DI SEKOLAH DASAR NEGERI O4 MINAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MORINA SEMBIRING.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Morina Sembiring, (2023): Studi Eksplorasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Sekolah Penggerak di Sekolah Dasar Negeri 04 Minas Program Sekolah Penggerak (PSP) merupakan program dari Kemendikbud yang bertujuan untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia yaitu mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila. PSP adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar peserta didik secara holistik yaitu mencakup kompetensi kongnitif (literasi dan numerasi) dan nonkongnitif (karakter) yang diawali dengan sumber daya manusia (SDM) yang unggul yaitu kepala sekolah dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kepemimpinan kepala sekolah pada Sekolah Penggerak di Sekolah Dasar Negeri 04 Minas dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Saya menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian case study (studi kasus). Proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, display data, verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Peneliti menemukan delapan indikator terlaksananya kepemimpinan kepala sekolah pada Sekolah Penggerak yaitu, melibatkan seluruh warga sekolah dalam pengembangan visi, melakukan pemantauan kinerja guru, memberikan dukungan kepada guru untuk meningkatkan profesionalisme, melakukan kegiatan supervisi akademik, menunjukan praktik pembelajaran yang berpusat pada siswa, melatih guru membuat modul pembelajaran, memberikan umpan balik pada modul pembelajaran dan pelaksanaanya, menerapkan manajemen partisipatif dalam pengelolaan sekolah. Ada dua faktor yang mempengaruhi kepemimpinan kepala sekolah pada sekolah penggerak ini yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Adapun faktor pendukungnya yaitu, SDM yang berkualitas, team work yang solid, pemimpin yang dipercaya bawahan, sapras yang memadai, dan lingkungan kerja yang harmonis. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, bawahan yang cuek dan adanya kelompok-kelompok kecil yang bersaing tidak sehat. Kata kunci: Sekolah Penggerak, Kepemimpinan, Kepala Sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Nov 2023 05:56
Last Modified: 29 Nov 2023 05:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75860

Actions (login required)

View Item View Item