Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN SELF CONTROL (KONTROL DIRI) PADA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TARUNA PEKANBARU

NURHASANAH, - (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN SELF CONTROL (KONTROL DIRI) PADA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TARUNA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nurhasanah, (2023) : Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Self Control (Kontrol Diri) pada Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Pekanbaru. Guru SMK Taruna Pekanbaru pada Proses pelaksanaan program pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilakukan hanya diarahkan pada kemampuan anak untuk meniru program yang selama ini diterapkan tanpa meneliti sejauh mana program pembelajaran itu benar-benar dapat dijalankan. Untuk itu perlu adanya strategi Guru Pendidikan Agama Islam untuk menanamkan Self Control (kontrol diri) pada siswa agar tujuan pempelajaran benar-benar dapat dijalankan oleh siswa.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan Self Control (kontrol diri) pada siswa. dan mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Informen dalam penelitian ini adalah guru PAI SMK Taruna Pekanbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Strategi yang dilakukan guru pada setiap proses pembelajaran guru PAI harus memberikan dorongan pengendalian diri dan menjadikan hal tersebut sebagai prioritas dan menyampaikan pentingnya memiliki Self control diri pada siswa dan memberikan motivasi dan keteladanan yang baik bagi siswa serta memberikan hikmah pada setiap materi yang dipelajari seperti contohnya hikmah psikologi bagi diri siswa, dalam menghayati materi yang dipelajari dan bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Faktor yang mempengaruhinya yaitu adanya kegiatan keagamaan seperti pasantren kilat, imtaq dan ekstrakulikuler tahfidz dan tilawatil Quran. Kemudian didukung dangan fasilitas asrama siswa/siswa dan sistem sekolah yang menganut semi meliter siswa patuh dengan Pembina dan senior. Kata Kunci: Strategi, Pendidikan Agama Islam, Self Control

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:27
Last Modified: 28 Nov 2023 03:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75851

Actions (login required)

View Item View Item