Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR (POC) KOMBINASI DAUN LAMTORO DAN BATANG PISANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.)

UMMY NAHDARANI, - (2023) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR (POC) KOMBINASI DAUN LAMTORO DAN BATANG PISANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img]
Preview
Text
SKRISI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (34MB) | Preview

Abstract

Bawang merah dapat dibudidayakan secara organik dengan pemberian Pupuk Organik Cair (POC). Salah satu cara untuk meningkatkan produksi tanaman bawang merah yaitu dengan pemberian POC kombinasi daun lamtoro dan batang pisang. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi terbaik dari POC kombinasi daun lamtoro dan batang pisang terhadap pertumbuhan dan produksi bawang merah. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2023 di lahan penelitian dan Laboratorium Agronomi dan Agrostologi, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, sedangkan analisis kandungan unsur hara POC dilakukan di Laboratorium Tanah Universitas Riau. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 taraf perlakuan yaitu NPK dosis 5 gram, 5 % POC, 10 % POC, 15 % POC, 20 % POC yang diulang sebanyak 7 kali. Parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah umbi, diameter umbi, berat basah tanaman dan berat kering tanaman. Hasil penelitian menunjukkan pemberian POC kombinasi daun lamtoro dan batang pisang memberikan pengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah umbi, diameter umbi, berat basah tanaman dan berat kering tanaman. Pemberian poc dengan konsentrasi 20 %, menunjukkan respon terbaik pada pertumbuhan dan produksi tanaman bawang merah. Kata kunci : pertanian organik, produksi, tinggi tanaman, umbi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:49
Last Modified: 28 Nov 2023 01:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75845

Actions (login required)

View Item View Item