Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS MOTIVASI PEREMPUAN MENJADI JURNALIS BERDASARKAN HIERARKI KEBUTUHAN MASLOW (STUDI JURNALIS PEREMPUAN DI KOTA PEKANBARU)

Dini Rahmadanti, Dini (2023) ANALISIS MOTIVASI PEREMPUAN MENJADI JURNALIS BERDASARKAN HIERARKI KEBUTUHAN MASLOW (STUDI JURNALIS PEREMPUAN DI KOTA PEKANBARU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui motivasi perempuan menjadi jurnalis di kota Pekanbaru. Teori yang digunakan adalah teori Abraham Maslow atau yang lebih dikenal dengan teori hierarki kebutuhan Maslow. Dimana dalam teori hierarki kebutuhan Maslow tersebut dijelaskan mengenai lima hierarki kebutuhan yang terdiri dari: Kebutuhan fisiologis, Kebutuhan keamanan dan keselamatan kerja, Kebutuhan sosial, Kebutuhan penghargaan dan Kebutuhan aktualisasi diri. Penelitian menggunakan metodologi kualitatif. Informan pada penelitian ini adalah jurnalis perempuan yang berjumlah 5 orang dari empat media yaitu: Media Antara Pekanbaru, Media Cakaplah.com Pekanbaru, Media Riau Televisi (RTV) Pekanbaru dan Media Radio Bharabas Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi jurnalis perempuan adalah untuk: memenuhi kebutuhan fisiologis atau pokok sehari-hari, untuk mendapatkan perlindungan dari organisasi (media) tempat mereka bekerja, untuk memenuhi kebutuhan sosial persahabatan dengan sesama rekan kerja, untuk memenuhi kebutuhan penghargaan dari lingkungan, dan untuk memenuhi kebutuhan aktualisasi diri. Berdasarkan hasil penelitian juga diketahui bahwa motivasi terbesar dari jurnalis perempuan di kota Pekanbaru untuk menekuni profesi sebagai jurnalis adalah karena kebutuhan aktualisasi diri. Dengan memilih sebagai jurnalis maka para jurnalis perempuan dapat mengembangkan kemampuan, potensi ataupun wawasan yang dimiliki, akan menjadi lebih baik yang pada akhirnya dapat digunakan sebagai upaya untuk pengembangan diri yang selama ini tersimpan atau tidak disadari oleh masing-masing individu jurnalis perempuan Kota Pekanbaru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jurnalis Perempuan, Motivasi Perempuan Menjadi Jurnalis
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:16
Last Modified: 27 Nov 2023 03:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75837

Actions (login required)

View Item View Item