Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 16 PEKANBARU

YENI RAHMADANI SIREGAR, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 16 PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS YENI RAHMADANI SIREGAR.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yeni Rahmadani Siregar (2023): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Pekanbaru. Model pembelajaran inkuiri menekankan para siswa untuk lebih terampil dalam proses pembelajaran agar kegiatan belajar yang di alami siswa tidak monoton sehingga para siswa lebih termotivasi dalam proses pembelajaran khususnya dalam pemebelajaran Agama Islam. Fokus penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran inkuiri dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata PAI di sekolah menengah pertama 16 pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa sekolah menengah pertama 16 pekanbaru Sebanyak 63 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket, dokumentasi dan preetest dan posttes. Dan uji yang digunakan adalah uji validitas, dan uji rabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, berdasarkan data nilai t hitung (2,864) > t tabel (1.160) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti HO ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Pekanbaru. Kedua, berdasarkan hasil uji One Sample T-test diketahui nilai signifikansi data nilai t hitung (3,377) > t tabel (1,160) dengan nilai signifikan sebesar 0,002 < 0,05 yang berarti HO ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas eksperimen pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Pekanbaru Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 22 Nov 2023 07:43
Last Modified: 22 Nov 2023 07:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75813

Actions (login required)

View Item View Item