YENI RAHMADANI SIREGAR, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 16 PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
TESIS YENI RAHMADANI SIREGAR.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Yeni Rahmadani Siregar (2023): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Pekanbaru. Model pembelajaran inkuiri menekankan para siswa untuk lebih terampil dalam proses pembelajaran agar kegiatan belajar yang di alami siswa tidak monoton sehingga para siswa lebih termotivasi dalam proses pembelajaran khususnya dalam pemebelajaran Agama Islam. Fokus penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran inkuiri dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata PAI di sekolah menengah pertama 16 pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa sekolah menengah pertama 16 pekanbaru Sebanyak 63 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket, dokumentasi dan preetest dan posttes. Dan uji yang digunakan adalah uji validitas, dan uji rabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, berdasarkan data nilai t hitung (2,864) > t tabel (1.160) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti HO ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Pekanbaru. Kedua, berdasarkan hasil uji One Sample T-test diketahui nilai signifikansi data nilai t hitung (3,377) > t tabel (1,160) dengan nilai signifikan sebesar 0,002 < 0,05 yang berarti HO ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas eksperimen pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Pekanbaru Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 07:43 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 07:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75813 |
Actions (login required)
View Item |