FRAULIN NALVIRA, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PLANNING MONITORING EVALUATING (PME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA SMA DI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Fraulin Nalvira, (2023): Pengaruh Penerapan Model Planning Monitoring Evaluating (PME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa SMA Di Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penerapan model Planning Monitoring Evaluating terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis jika ditinjau dari self efficacy siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu factorial experiment. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 15 Pekanbaru tahun ajaran 2022/2023. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X.C sebagai kelas eksperimen dan kelas X.D sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah tes, angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket self efficacy, lembar observasi guru dan lembar kendali keterlaksanaan (LKK) PME. Analisis data yang digunakan yaitu uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisisnya didapati kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran PME dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang dan rendah, 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Planning Monitoring Evaluating (PME) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self efficacy siswa di SMA Negeri 15 Pekanbaru Kata Kunci: Model Planning Monitoring Evaluating (PME), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Efficacy
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 01:16 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 01:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75791 |
Actions (login required)
View Item |