Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

NILAI-NILAI AKIDAH DALAM KISAH PERJANJIAN HUDAIBIYAH PERSPEKTIF AL-QUR’AN (STUDI QASHASH AL-QUR’AN)

SRI RAHMA YANI, - (2023) NILAI-NILAI AKIDAH DALAM KISAH PERJANJIAN HUDAIBIYAH PERSPEKTIF AL-QUR’AN (STUDI QASHASH AL-QUR’AN). Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV...pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai akidah dalam kisah Perjanjian Hudaibiyah perspektif al-Qur’an (studi qashash al-Qur’an). Perjanjian Hudaibiyah merupakan salah satu peristiwa yang memegang peranan penting dalam sejarah Islam. Peristiwa ini terjadi pada bulan Dzulqo’dah tahun ke-6 H di wilayah Hudaibiyah Mekah. Perjanjian Hudaibiyah tidak hanya memiliki implikasi politik dan sejarah yang signifikan, tetapi juga menyimpan nilai-nilai akidah yang mendalam yang tercermin dalam tafsir al-Qur’an. Dalam menyelidiki dan mempelajari ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan Perjanjian Hudaibiyah untuk memahami perspektif al-Qur’an terhadap perjanjian ini dan nilai-nilai akidah yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan nilai-nilai akidah yang dapat diidentifikasi dalam Perjanjian Hudaibiyah menurut berbagai tafsir al-Qur’an dan dapat relevansinya terhadap konteks kehidupan umat Muslim saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan tafsir tematik dan memuat sumber data primer dari berbagai tafsir dan data sekunder dalam referensi sejarah, serta data tersier sebagai pendukung kedua data tersebut. Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan teknik analisis konten. Adapun nilai akidah yang dapat kita ambil dari peristiwa tersebut diantaranya, musyawarah untuk mencapai perdamaian, sabar dalam menghadapi gangguan, serta menepati janji sekalipun itu dengan orang kafir. Sedangkan relevansinya dengan masa sekarang diantaranya yaitu toleransi dan perdamaian, optimisme pada kebaikan, serta menghormati kesepakatan. Kata Kunci : Aqidah, Hudaibiyah, Qashash al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Tafsir Hadist
Depositing User: pps -
Date Deposited: 20 Nov 2023 08:16
Last Modified: 20 Nov 2023 08:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75787

Actions (login required)

View Item View Item