Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Pendistribusian Zakat Produktif, Pendayagunaan dan Pendampingan Terhadap Kesejahteraan Mustahiq Di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Peovinsi Riau.

Azannah Juliasni, - (2023) Pengaruh Pendistribusian Zakat Produktif, Pendayagunaan dan Pendampingan Terhadap Kesejahteraan Mustahiq Di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Peovinsi Riau. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Azannah Juliasni NIM : 22190323419 Judul : Pengaruh Pendistribusian Zakat Produktif, Pendayagunaan dan Pendampingan Terhadap Kesejahteraan Mustahiq Di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Peovinsi Riau. Penelitian ini dilatarbelakngi kurangnya keterampilan mustahik dalam mengelola keberlanjutan bisnis atau usaha dari modal zakat produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pendistribusian zakat produktif, pendayagunaan, dan pendampingan terhadap kesejahteraan mustahiq di badan amil zakat nasional (BAZNAS) Provinsi Riau. Diberikan zakat kepada mustahik yang berhak menerima zakat produktif untuk menjadikan mustahik sebagai muzakki, berdasarkan penelitian terdahulu masih banyak mustahik yang tingkat kesejahteraan ekonominya tidak berkembang. Zakat produktif memiliki dampak besar dalam pengembangan ekonomi umat muslim, yang mana zakat produktif juga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mustahik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriftif kuantitatif. Sumber data dari data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner, serta dokumentasi. Populasi menggunakan rumus slovin sebanyak 1.833 orang dengan sampel penelitian diambil sebanyak 128 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM-PLS dengan menggunakan SmartPLS 3.0 M3, meliputi model pengukuran (outer model), R-square, pengujian hipotesis dan signifikansi (inner model), F-square dan Q-square. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa analisis statistik pengujian hipotesis menunjukkan variabel pendistribusian, pendayagunaan dan variabel pendampingan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesejahteraan mustahik BAZNAS Provinsi Riau. Dan Variabel pendistribusian menjadi variabel paling dominan yang mempengaruhi kesejahteraan mustahik dengan nilai effect size paling tinggi sebesar 0.298. Kata Kunci : Zakat Produktif, Pendayagunaan, Pendampingan, Kesejahteraan, BAZNAS.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: pps -
Date Deposited: 20 Nov 2023 08:12
Last Modified: 20 Nov 2023 08:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75785

Actions (login required)

View Item View Item