KARINA ERVIAN, - (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SEGITIGA UNTUK SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (19MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
Abstract
ABSTRAK Karina Ervian,(2022) : Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Discovery Learning pada Materi Segitiga untuk Siswa SMP/MTs Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menghasilkan sebuah produk berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis discovery learning pada materi segitiga untuk siswa kelas VII SMP/MTs yang telah memenuhi kriteria valid, praktis, serta efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPIT Al-Manar Pekanbaru. Para ahli serta pakar dalam bidangnya sebagai validator yang memeriksa serta memvalidasi instrumen dan LKS yang dikembangkan yaitu guru dan dosen ahli. Objek penelitian ini berupa LKS matematika berbasis discovery learning pada materi segitiga. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa angket dan soal tes. Instrument yang digunakan berupa instrument uji validitas yang terdiri dari lembar validasi instrument dan lembar uji vliditas LKS yang terdiri dari ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran, instrument uji kepraktisan berupa angket respon siswa, serta instrument uji keefektifan berupa soal tes. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas oleh ahi teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran. LKS matematika berbasis discovery learning pada materi segitiga dinyatakan sangat valid dengan persentase kevalidannya 84,55%. Hasil uji kepraktisan kelompok kecil dengan jumlah responden 10 orang siswa serta kelompok besar dengan jumlah responden 18 orang siswa dinyatakan praktis dengan persentase kepraktisannya 80,08%. Hasil uji posttest diperoleh nilai Uhitung < Utabel yaitu 3 < 88. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan juga kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa LKS berbasis discovery learning pada materi segitiga yang peneliti kembangkan ini sudah valid, praktis, dan juga efektif untuk digunakan dalam pembelajaran dikelas. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Discovery Learning, Segitiga
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 07:23 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 07:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75784 |
Actions (login required)
View Item |