Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Strategi Islamic Marketing Mix Terhadap Loyalitas Melalui Keputusan Nasabah (Studi Kasus Pada Produk Gadai Syariah PT. Pegadaian Syariah Cabang Ahmad Yani Pekanbaru)

Desy Lidya Alsha, - (2023) Pengaruh Strategi Islamic Marketing Mix Terhadap Loyalitas Melalui Keputusan Nasabah (Studi Kasus Pada Produk Gadai Syariah PT. Pegadaian Syariah Cabang Ahmad Yani Pekanbaru). Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Desy Lidya Alsha (2023) : Pengaruh Strategi Islamic Marketing Mix Terhadap Loyalitas Melalui Keputusan Nasabah (Studi Kasus Pada Produk Gadai Syariah PT. Pegadaian Syariah Cabang Ahmad Yani Pekanbaru) Penelitian ini dilatarbelakangi semakin berkembangnya gadai syariah, kini lembaga keuangan lainnya seperti perbankan, mulai menawarkan produk gadai syariah kepada para nasabahnya, sehingga dibutuhkan strategi pemasaran yang jitu agar pegadaian syariah mampu bersaing dengan lembaga keuangan lainnya dan terciptanya loyalitas nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh islamic marketing mix terhadap keputusan dan loyalitas nasabah dalam menggunakan jasa gadai syariah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Ahmad Yani Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sumber data berasal dari data primer dan data skunder dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik obeservasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Populasi penelitian adalah nasabah yang menggunakan jasa gadai syariah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Ahmad Yani Pekanbaru sebanyak 4.923 nasabah dengan sampel penelitian diambil sebanyak 150 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM-PLS dengan menggunakan SmartPLS 4.0, meliputi model pengukuran (outer model), R-Square, pengujian hipotesis dan signifikasnsi (inner model), F-square dan Q-square. Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel produk, promosi, bukti fisik, dan sabar berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Sedangkan variabel persepsi harga, lokasi, SDM, proses, dan janji tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan produk gadai syariah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Ahmad Yani Pekanbaru. Variabel persepsi harga, SDM, dan janji berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, sedangkan variabel produk, lokasi, promosi, proses, bukti fisik, dan sabar tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah menggunakan produk gadai syariah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Ahmad Yani Pekanbaru. Variabel keputusan nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah menggunakan produk gadai syariah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Ahmad Yani Pekanbaru. Kata Kunci : Bauran pemasaran syariah, keputusan nasabah, dan loyalitas nasabah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: pps -
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:27
Last Modified: 20 Nov 2023 07:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75783

Actions (login required)

View Item View Item