Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN DAGING AYAM BROILER MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi pada Warung Ayam Geprek Jl. Bangau Sakti)

MUHAMMAD ARIF, - (2023) ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN DAGING AYAM BROILER MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi pada Warung Ayam Geprek Jl. Bangau Sakti). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD ARIF.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Arif (2023) : Analisis Pengendalian Persediaan Daging Ayam Broiler Menggunakan Metode Economic Order Quantity Menurut Perspektif Ekonomi Syariah Penelitian ini dilatar belakangi adanya masalah pada Warung Geprek yang selalu mengalami fluktuasi pada persediaan bahan bakunya, fluktuasi bahan baku ini dapat mengganggu produksi Warung Geprek sehingga tidak mendapatkan keuntungan yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengelola pembelian persediaan bahan baku Warung Geprek agar lebih optimal. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis data deskriptif dan metode economic order quantity (EOQ). Metode pengambilan data menggunakan metode observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukan pembelian persediaan daging ayam Warung Geprek menggunakan metode economic order quantity (EOQ) yang optimal adalah 60kg setiap kali pembeliaan. Warung Geprek harus mengadakan safety stock 2,9kg setiap harinya, dan harus melakukan pemesanan kembali ketika persediaan daging ayam tersisa 4,3kg setiap harinya. Sebelum menggunakan metode economic order quantity total biaya persediaan sebesar Rp13.000.378 dan setelah menggunakan metode economic order quantity total biaya persediaan sebesar Rp9.729.843, selisih biaya sebelum dan sesudah penggunaan metode EOQ sebesar Rp3.270.535. Ditinjau dari ekonomi syari’ah bahwasannya islam sangat mementingkan kehati-hatian, sesuai dengan firman allah dalam surat yusuf ayat 47-48, ayat tersebut menejelaskan pentingnya persediaan agar tidak habisnya bahan baku dan dapat terus melakukan produksi. Warung Geprek juga telah melaksanakan produksi sesuai prinsip syari’ah dari pemotongan ayam hingga di distribusikan kepada konsumen dilakukan dengan cara yang halal. Kata Kunci : Pengendalian, Persediaan, Economic Order Quantity

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Nov 2023 06:22
Last Modified: 20 Nov 2023 06:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75781

Actions (login required)

View Item View Item