Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Pelaksanaan Program Literasi Baca Tulis Al-Qur’an di SMP Negeri Kecamatan Bathin Solapan.

Elina Putri, - (2023) Analisis Pelaksanaan Program Literasi Baca Tulis Al-Qur’an di SMP Negeri Kecamatan Bathin Solapan. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Elina Putri (2023): Analisis Pelaksanaan Program Literasi Baca Tulis Al-Qur’an di SMP Negeri Kecamatan Bathin Solapan. Program literasi baca tulis Al-Qur’an merupakan upaya dalam memberikan pembelajaran pada peserta didik untuk dapat membaca Al-Qur’an sebagai kitab suci umat muslim. Berdasarkan temuan awal, masih ada peserta didik yang belum dapat membaca Al-Qur’an, bahkan belum mengenal huruf hija’iyah. Bentuk penelitian ini adalah kualitatif yang dilakukan oleh peneliti di dua SMP negeri yang melaksanakan program literasi baca tulis Al-Qur’an, yakni SMPN 4 Bathin Solapan dan SMPN 8 Bathin Solapan. Informan penelitian adalah guru PAI dan kepala sekolah. Pelaksanaan program literasi baca tulis Al-Qur’an dianalisis menggunakan analisis SWOT, dimana dilakukan analisis kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman yang dihadapi sekolah dalam pelaksanaan program literasi baca tulis Al-Qur’an ini. Kegiatan literasi dilaksanakan pada hari Jum’at di SMPN 4 Bathin Solapan, dan pada hari Jum’at-Sabtu di SMPN 8 Bathin Solapan. Tenik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi penelitian. Sebagian besar peserta didik beragama Islam. Analisis kekuatan program literasi di SMPN 4 Bathin Solapan dan SMPN 8 Bathin Solapan adalah memiliki guru PAI yang memadai dan berkualifikasi S1 dan bersertifikasi, dukungan semua guru yang bertanggungjawab, dan dukungan Dinas Pendidikan. Analisis kelemahan program literasi ini adalah penentuan hari pelaksanaan dengan jumlah dua shift proses pembelajaran, alokasi waktu yang cukup singkat, dan peserta didik yang belum mengenal huruf hijaiyah sama sekali. Analisis peluang adalah SMK Favorit menjamin lulusan masuk ke sekolah tersebut tanpa melalui seleksi jika memiliki hafalan Al Qur’an, ada orangtua peserta didik yang berperan sebagai guru MDA di masjid/ mushalla di lingkungan rumah, ketertarikan masyarakat dengan adanya program literasi baca tulis Al Qur’an di sekolah negeri, dan dukungan pejabat desa. Analisis ancaman antara dalam pelaksanaan program literasi baca tulis Al-Qur’an adalah latar belakang keluarga yang tidak dapat membaca Al Qur’an dan sekolah lain yang juga melaksanakan program literasi baca tulis Al Qur’an. Kata kunci: Analisis, SWOT, Literasi, Baca tulis, Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:31
Last Modified: 22 Nov 2023 01:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75780

Actions (login required)

View Item View Item