Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Pembelajaran Berbasis 4C Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah Swasta di Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis

Khairiah, - (2023) Pengaruh Pembelajaran Berbasis 4C Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah Swasta di Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis. Thesis thesis, PASCASARJANA.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Khairiah, (2023) : Pengaruh Pembelajaran Berbasis 4C Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah Swasta di Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh pembelajaran berbasis 4C terhadap hasil belajar siswa Madrasah Aliyah Swasta di Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis. Sampel dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X di MAS Darunnajah, MAS Hubbulwathan dan MAS Terpadu Duri yaitu berjumlah 78 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, observasi dan dokumentasi. Data angket yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis product moment dan data observasi dianalisis dengan menggunakan analisis diskriptif. Hasil observasi penerapan pembelajaran collaboration dan communication di MAS Darunnajah sebesar 84,34% berada kriteria baik sekali, MAS Hubbulwathan sebesar 88,69% dengan kategori baik sekali dan MAS Terpadu sebesar 75,65% pada kategori baik. hasil persentase ketiga madrasah tersebut diperoleh nilai sebesar 83,03% berada pada kategori baik sekali. Hasil belajar siswa berada pada posisi diatas KKM yang berarti sudah tuntas. Nilai tertinggi sebesar 270 dengan rata-rata 90 terdiri dari 5 dari 78 siswa. Sementara nilai terendah sebesar 235 dengan rata-rata nilai 78,5 terdiri dari 6 dari 78 siswa. Hasil analisis product moment, penelitian ini menunjukkan nilai Rhitung sebesar 0,905 > 0,2227. Dalam hal ini dapat dipastikan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran 4C “collaboration dan communication” terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Fiqih Madrasah Aliyah Swasta di Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis. Kata Kunci: Pembelajaran Collaboration, Communication dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:19
Last Modified: 17 Nov 2023 02:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75755

Actions (login required)

View Item View Item