Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

FIGUR PEREMPUAN YANG BERPERAN DI RUANG SOSIAL DALAM Al-QURAN

NUR AZIZAH, - (2023) FIGUR PEREMPUAN YANG BERPERAN DI RUANG SOSIAL DALAM Al-QURAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR AZIZAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas tentang figur perempuan yang berperan di ruang sosial dalam Al-Quran. Al-Quran banyak menceritakan tentang kisah orang terdahulu beserta keistimewaannya, tak terkecuali didalamnya terdapat kisah tentang perempuan. Dari kisah yang diceritakan itu dapat diambil sebuah figur yang dapat dijadikan teladan dan inspirasi dalam kehidupan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui figur dan peran perempuan dalam Al-Quran di ruang sosial menurut mufassir, yang kemudian dapat dijadikan sebagai teladan dan inspirasi dalam kehidupan. Masalah yang dimunculkan dalam penelitian ini adalah siapa saja figur perempuan dalam Al-Quran di ruang sosial? Bagaimana peran perempuan dalam Al-Quran di ruang sosial menurut mufassir? Untuk menjawab rumusan masalah tersebut penulis menggunakan jenis penelitian library research, mengambil data dan informasi yang berasal dari perpustakaan dan dianalisis dari bahan-bahan tertulis baik berkaitan langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini merupakan kajian tematik, yaitu menghimpun ayat-ayat Al-Quran terkait dengan tema-tema tertentu. Term yang digunakan dalam penelitian ini untuk merujuk perempuan diantaranya adalah imra‟ah dan Al-Umm. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa tokoh yang dimunculkan dalam ayat-ayat Al-Quran adalah Ratu Bilqis, putri Syuaib, Asiyah, Zulaikha, Siti Sarah, Walihah, Ibu Nabi Musa. Dari beberapa tokoh tersebut peran perempuan sebagai peran kepala Negara terdapat pada kisah Ratu Bilqis, adapun peran perempuan sebagai tokoh masyarakat seperti Asiyah dan Zulaikha. Sedangkan peran perempuan sebagai pekerja dari kisah putri Syuaib. Peran sebagai seorang ibu dari kisah Ibu Nabi Musa, figur perempuan sebagai istri Siti Sarah, dan Walihah. Kata kunci : Figur, perempuan, ruang sosial, Al-Quran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:50
Last Modified: 14 Nov 2023 07:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75728

Actions (login required)

View Item View Item