Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

OPTIMALISASI RUTE PENGANGKUT SAMPAH DI BANK SAMPAH MUTIARA MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA SYMBIOTIC ORGANISMS SEARCH (SOS)

Annisa Varah Savira, - (2023) OPTIMALISASI RUTE PENGANGKUT SAMPAH DI BANK SAMPAH MUTIARA MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA SYMBIOTIC ORGANISMS SEARCH (SOS). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV DAN V)
BAB IV DAN V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Salah satu cara untuk mengurangi jumlah sampah dilingkungan masyarakat Tuah Karya diantaranya dengan dibentuk program Bank Sampah Mutiara, program Bank Sampah Mutiara tersebut memerlukan proses pengangkutan sampah dari masing-masing alamat nasabah. Dikarenakan jarak yang terlalu jauh sehingga rute yang dihasilkan belum optimal. Rute yang awal yang terbentuk terlihat tidak teratur dikarenakan pengemudi melakukan perjalanan pengangkutan sampah dengan alamat nasabah yang pertama menuju ke satu alamat nasabah lainnya yang terdekat. Tapi perjalanan ini belum dinyatakan optimal karena waktu yang dihabiskan pengangkutan sampah pada Bank Sampah Mutiara ini sangat lama dan jarak total yang dihasilkan sangat tinggi dan waktu yang dihasilkan juga sangat lama yaitu dua hari dalama proses pengangkutan sampah Bank Sampah Mutiara ini. Permodelan penentuan rute ini melibatkan transportasi kendaraan, yang dimulai dari depot awal menuju depot pelanggan dengan permintaan jumlah barang yang berbeda-berbeda maka dari itu ini disebut sebagai Vehicle Routing Problem (VRP) yang akan menghasilkan rute yang minimum untuk pengambilan sampah kepada sejumlah pelanggan di beberapa lokasi yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rute optimal dengan menimalisir jarak tempuh pada rute pengangkut sampah menggunakan metode Algoritma Symbiotic Organisms Search (SOS). Metode Algoritma SOS ini dapat menimalisir jarak tempuh pengangkutan sampah dengan memberikan solusi yang optimal dan menghasilkan rute terbaik. Pengumpulan data pada metode ini yaitu wawancara dan observasi secara langsung di Bank Sampah Mutiara. Penelitian ini menghasilkan jarak tempuh pengangkutan sampah yang optimal yaitu 19,170 km dengan waktu tempuh 95,25 menit. Jarak tempuh pengangkutan sampah awal adalah 38,11 km dan waktu tempuh 95,25 menit. Kata Kunci: Rute, VRP, Algoritma (SOS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 26 Nov 2023 14:12
Last Modified: 26 Nov 2023 14:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75727

Actions (login required)

View Item View Item