Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DITINJAU BERDASARKAN SELF EFFICACY

BUTEDAFRILIA, - (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DITINJAU BERDASARKAN SELF EFFICACY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKIRIPSI BUTEDAFRILIA.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Butedafrilia, (2023) : Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Berdasarkan Self Efficacy Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung yang ditinjau dari Self Efficacy siswa UPT SMPN 1 Koto Kampar Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan desain Factorial Experiment. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan berpikir kritis matematis, angket self efficacy, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang, dan rendah, 3) Tidak terdapat interaksi antara model Problem Based Learning (PBL) dengan self efficacy terhadap kemampuan berpikir kiritis matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau berdasarkan self efficacy siswa UPT SMPN 1 Koto Kampar Hulu. Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self Efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Nov 2023 07:35
Last Modified: 13 Nov 2023 07:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75716

Actions (login required)

View Item View Item