Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PRESERVING DESCENDANTS IN THE QUR’AN ACCORDING TO WAHBAH ZUHAILI IN AT-TAFSEER AL-MUNIR (Maqoshid Qur’an Study)

FAHROZY JAYA PRAKOSO, - (2023) PRESERVING DESCENDANTS IN THE QUR’AN ACCORDING TO WAHBAH ZUHAILI IN AT-TAFSEER AL-MUNIR (Maqoshid Qur’an Study). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FAHROZY JAYA PRAKOSO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Melestarikan Keturunan Dalam Al-Qur‟an Menurut Wahbah Az-Zuhaili Dalam At-Tafsir Al-Munir” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tafsir para ulama tentang penafsiran ayat-ayat yang berkaitan dengan perlindungan descedant dengan menggunakan masalah berikut: 1) Studi mendalam tentang melindungi descedant melalui perspektif Al-Qur‟an 2) Menelaah pendapat Wahbah Az-Zuhaili tentang ayat-ayat yang berkaitan dengan konteks pembahasan 3) Menerapkan sistematika terkandung dalam Al-Qur‟an dalam rangka melindungi descedant 4) Urgensi penafsiran maqashidi dalam memahami ayatayat terkait. Jenis penelitian kepustakaan (Library Research), Metode tematik ayat adalah penafsiran mengenai ayat-ayat dalam Al-Qur‟an dengan satu tema yang menjelaskan tujuan umumnya dan mana yang merupakan tema sentral, serta menghubungkan berbagai masalah dalam ayat tersebut satu sama lain dan juga dengan tema itu. Berdasarkan hasil penelitian Tujuan Al-Qur‟an berkisar pada tiga aspek: titik keyakinan, aspek moral, dan tangan ketentuan, dan mencatat bahwa klasifikasi ini membuat tujuan etika independen, yang membuatnya menjadi klasifikasi yang berbeda, dan ketiga tujuan ini adalah pilar tujuan Al- Qur‟an, tetapi dia tidak menyebutkan tujuan dari cerita-cerita itu, meskipun itu hampir merupakan Al-Qur‟an. Wahbah Az-Zuhaili telah menjelaskan maqoshid Al-Qur‟an dalam tafsirannya yang mengandung aspek-aspek yaitu: „Aqidah,‟ Ibadah, moralitas, dan adab. Yang dalam ketiga ayat di atas memiliki korelasi dengan maqoshid yang dijelaskan oleh Wahbah dalam penafsirannya. Kata kunci: Menjaga Keturunan, Wahbah Az-Zuhaili, Maqoshid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 10 Nov 2023 01:01
Last Modified: 10 Nov 2023 01:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75696

Actions (login required)

View Item View Item