Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PEMANFAATAN ALOKASI DANA DESA DI DESA UJUNG BATU TIMUR KECAMATAN UJUNG BATU KABUPATEN ROKAN HULU PADA TAHUN ANGGARAN 2020-2022

FENI RAHAYU, - (2023) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN ALOKASI DANA DESA DI DESA UJUNG BATU TIMUR KECAMATAN UJUNG BATU KABUPATEN ROKAN HULU PADA TAHUN ANGGARAN 2020-2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS PEMANFAATAN ALOKASI DANA DESA Di DESA UJUNG BATU TIMUR KECAMATAN UJUNG BATU KABUPATEN ROKAN HULU PADA TAHUN ANGGARAN 2020-2022 OLEH: FENI RAHAYU NIM. 11970524649 Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana efektivitas pemanfaatan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Ujung Batu Timur Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu pada tahun 2020-2022 dan apa saja faktor penghambat dan pendukung pemanfaatan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Ujung Batu Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Ujung Batu Timur Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu pada tahun 2020-2022 dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung pemanfaatan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Ujung Batu Timur. Adapun jenis penelitian yang dilakukan ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di kantor Desa Ujung Batu Timur dengan informan penelitian yang berjumlah 10 orang. Teknik penganalisaan yang digunakan adalah teknik deskriptif yaitu menggambarkan keadaan sesungguhnya disesuaikan dengan gejala-gejala dan permasalahan yang timbul di lapangan kemudian ditentukan interprestasi sehingga diperoleh kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat dipahami, Efektivitas Pemanfaatan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Ujung Batu Timur Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu masih kurang Efektif. Hal itu dikarenakan Pemerintah Desa Ujung Batu Timur menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) lebih banyak ke pembangunan fisik, bahkan lebih ke yang kurang bersifat urgent. Seharusnya pemanfaatan Alokasi Dana Desa (ADD) lebih diutamakan untuk mengurangi kemiskinan. Adapun faktor penghambat pemanfaatan alokasi dana desa (ADD) yaitu karena pandemi covid-19, kurangnya sosialisasi, keterbatasan SDM dan kurangnya anggaran yang dicairkan oleh pemerintah pusat, terutama karena covid 19 yang terjadi. Kemudian faktor pendukungnya yaitu adanya dukungan regulasi dari pemerintah berupa perda Nomor. 4 Tahun 2007 sehingga desa dalam membuat kebijakan sudah ada pedoman, diberikannya hak otonomi oleh pusat kepada desa sehingga desa bisa mengatur dana desa lebih baik karena desa lebih tau tentang keperluannya, adanya usaha sawit desa dan tentu saja dengan adanya kerjasama antara desa dengan pihak lain dalam hal pengembangan pemanfaatan Alokasi Dana Desa. Kata kunci: Efektivitas, Pemanfaatan, Alokasi Dana Desa (ADD)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 10 Nov 2023 00:54
Last Modified: 10 Nov 2023 00:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75691

Actions (login required)

View Item View Item