Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Keaktifan Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kedisiplinan dan Kemandirian Siswa di Madrasah Aliyah Al-Qasimiyah Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan”

Suardi, - (2023) Pengaruh Keaktifan Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kedisiplinan dan Kemandirian Siswa di Madrasah Aliyah Al-Qasimiyah Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan”. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)

Abstract

ABSTRAK Suardi (2023):“Pengaruh Keaktifan Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kedisiplinan dan Kemandirian Siswa di Madrasah Aliyah Al-Qasimiyah Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Keaktifan Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kedisiplinan dan Kemandirian Siswa di Madrasah Aliyah Al-Qasimiyah Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Adapun Populasi dalam Penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah Al Qasimiyah yang dibatasi pada kelas 10 dan 11, sebanyak 243 siswa sedang sampelnya 122 siswa , mengingat kelas 12 sudah selesai mengikuti Ujian Nasional. Adapun tekhnik yang digunakan adalah tekhnik random sampling, tekhnik pengumpulan data Penelitian menggunakan menggukan angket dan dokumentasi, tekhnik analisa data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan, 1) terdapat pengaruh keaktifan dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah Al-Qasimiyah Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan, menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel dimana 18.283 > 1. 657439. Selajutan terdapat pengaruh keaktifan dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler terhadap kemandirian siswa di Madrasah Aliyah Al-Qasimiyah Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan secara signifikan berpengaruh positif terhadap tingkat kemandirian Siswa, menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel dimana (34.124 > 1.657439), 3) terdapat juga pengaruh keaktifan dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap kedisiplinan dan kemandirian siswa di Madrasah Aliyah Al-Qasimiyah Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan, secara signifikan bersama-sama berpengaruh positif terhadap dan Kemandirian Siswa. Hal ini dikarenakan pada uji F diperoleh nilai F hitung > F tabel (2341.722> 3.07). Kata kunci : Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka, Kedisiplinan,Kemandirian Siswa, Madrasah Aliyah Al-Qasimiyah

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 08 Nov 2023 00:24
Last Modified: 08 Nov 2023 00:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75657

Actions (login required)

View Item View Item