Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

APLIKASI DOSIS KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT D I P E R K A Y A T r i c h o d e r m a h a r z i a n u m D A N POC NUTRITANTAN PADA BUDIDAYAWORTEL (Daucus carota L.)

NASIB, - (2023) APLIKASI DOSIS KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT D I P E R K A Y A T r i c h o d e r m a h a r z i a n u m D A N POC NUTRITANTAN PADA BUDIDAYAWORTEL (Daucus carota L.). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (36MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan dan produksi tanaman dipengaruhi oleh pemupukan. Pupuk organik yang diperkaya mikroorganisme menjadi alternatif yang tepat untuk memperbaiki aspek budidaya tanaman wortel. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan interaksi antara dosis pupuk kompos tandan kosong kelapa sawit dan POC Nutritantan terbaik pada budidaya tanaman wortel (Daucus carota L.). Penelitian ini telah dilaksanakan di Lahan Percobaan dan Laboratorium Agronomi dan Agrostologi Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau pada bulan Januari sampai April 2023. Penelitian ini disusun menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL)faktorial yang terdiri dari 2 faktor perlakuan, faktor pertamadosis pupuk kompos tandan kosong kelapa sawit danfaktor kedua POC Nutritantan. Terdapat 12 kombinasi perlakuan. Setiap perlakuan terdapat 10 kali pengulangan, sehingga diperoleh 120 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukkan pemberian pupuk organik cair nutritantan dan kompos tandan kosong kelapa sawit yang diperkaya Trichoderma harzianum secara interaksi tidak berpengaruh nyata terhadap semua parameter penelitian, sedangkan secara tunggal kompos tandan kosong kelapa sawit dengan dosis 37,5 g/tanaman berpengaruh terhadap semua parameter kecuali intensitas serangan penyakit dan pada POC Nutritantan 10 % berpengaruh terhadap parameter tinggi tanaman tetapi tidak pada parameter lainnya. Untuk mencapai produksi yang optimum perlu peningkatan penambahan bahan organik. Kata kunci : Bahan Organik, Produksi, Pupuk Cair , Trichoderma harzianum, Wortel .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 06 Nov 2023 02:56
Last Modified: 06 Nov 2023 02:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75614

Actions (login required)

View Item View Item