MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMES SISWA KELAS VIIA MADRASAH TSANAWIYAH DAREL HIKMAH PEKANBARU

Sabedah Simatupang, (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMES SISWA KELAS VIIA MADRASAH TSANAWIYAH DAREL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011566-.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VII A Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan media games dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Arab siswa kelas VII A Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 32 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar bahasa Arab dengan menggunakan media games siswa kelas VII A Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan bulan April 2011. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik, maka peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab dengan menggunakan media games siswa kelas VII A Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian sebelum tindakan menunjukkan hasil belajar siswa rendah yaitu, 18,75% pada taraf (kurang dari 40%), kemudian pada siklus pertama dengan menggunakan media games meningkat menjadi 50% pada taraf kurang (40-55%). Pada siklus kedua meningkat lagi 84,375% pada taraf tinggi yaitu (76-100%). Pada siklus yang ketiga 90,625% pada taraf tinggi yaitu (76-100%). Jadi penelitian ini menunjukkan bahwa media games dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 12 Jan 2016 09:02
Last Modified: 12 Jan 2016 09:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/756

Actions (login required)

View Item View Item