Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN KEAKTIFAN SISWA

ANNISA ARIANI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN KEAKTIFAN SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANNISA ARIANI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Annisa Ariani (2023): Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Berdasarkan Keaktifan Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematik peserta didik, sehingga pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) menjadi salah satu alternatif solusi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa jika berdasarkan dari keaktifan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian factorial experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 23 Pada tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.F sebagai kelas eksperimen dan VII.G seagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. 2) terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis berdasarkan keaktifan belajar siswa tingkat tinggi, sedang dan rendah. 3) tidak terdapat interaksi antara penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan keaktifan belajar siswa terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Kata Kunci: Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Koneksi Matematis, Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 01 Nov 2023 04:55
Last Modified: 01 Nov 2023 04:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75585

Actions (login required)

View Item View Item