Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA SMP/MTs

ASWILDA SEPTIANI, - (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKIRPSI ASWILDA SEPTIANI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aswilda Septiani, (2023): Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Kemampuan Representasi Matematis ditinjau dari Self Efficacy siswa SMP/MTs Penelitian ini didasari dari observasi awal mengenai rendahnya kemampuan representasi matematis siswa di SMP 23 Negeri Pekanbaru. Adapun tinjauan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh PMRI terhadap kemampuan representasi matematis ditinjau dari self efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu factorial design. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas VII SMP Negeri 23 Pekanbaru. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling kelas VII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes, angket, observasi dan dokumentasi dengan instrumen pengumpulan data berupa soal tes kemampuan representasi matematis, angket self efficacy, lembar observasi dan foto dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran PMRI dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. Dari hasil penelitian, kemampuan representasi siswa yang mengikuti pembalajaran PMRI lebih tinggi dari siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. 2) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan PMRI dengan self efficacy terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Dengan demikian secara umum dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PMRI berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis ditinjau dari self effiacacy siswa SMP Negeri 23 Pekanbaru. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika Realistik Indonesi (PMRI), Kemampuan Representasi Matematis, Self efficacy

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 01 Nov 2023 04:51
Last Modified: 01 Nov 2023 04:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75584

Actions (login required)

View Item View Item